5 Tips maksimalkan cek smartphone bekas agar tak salah beli

Bagi mereka yang tidak memiliki budget cukup untuk membeli smartphone flagship berharga selangit, membeli versi bekasnya menjadi pilihan terbaik. Akan tetapi, mendapatkan smartphone bekas yang bagus bukan perkara mudah, apalagi kini banyak penjual smartphone bekas yang mempermak smartphone bekas dengan sempurna agar terlihat seperti baru sekaligus menyembunyikan kelemahan-kelemahannya. Berikut langkah-langkah agar tidak tertipu membeli smartphone bekas yang gampang rusak.

1.Pertama, siapkan alat pengecekan!

Untuk menghindari membeli smartphone bekas yang ternyata kualitasnya buruk, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan meliputi pengecekan bodi hingga aplikasi di dalamnya. Tapi sebelum itu, akan lebih baik kamu membawa barang-barang berikut saat ingin mengecek atau membeli smartphone bekas.

2.
Kedua, detail eskterior
Sebelum menyalakan smartphone bekas yang akan dibeli, lebih dulu cek bagian luar smartphone, terutama layar. Amati apakah terdapat banyak goresan pada layar dan lensa kamera menggunakan senter agar mudah terlihat. 

Jangan lupa cek tombol apakah saat ditekan terasa normal. Raba seluruh permukaan smartphone untuk mencari apakah ada lekukan bekas benturan. Terakhir, untuk smartphone unibodi atau yang tidak bisa dibuka casingnya, perhatikan apakah ada bagian casing yang tidak tertutup sempurna (tanda smartphone pernah jatuh).

3.
Ketiga, buka smartphone
Setelah selesai dengan eksterior, masuk ke bagian dalam dengan membuka casing smartphone (tidak bisa dilakukan pada smartphone unibodi). Lihat apakah baterai masih original atau sudah diganti, mengingat hal ini mempengaruhi harga smartphone.

Cek slot microSD dan SIM, sembari melihat apakah ada cacat. Anda juga perlu mengawasi adanya bercak putih atau bahkan karat tanda bila si smartphone pernah terkena air bagian dalamnya.
Pada smartphone unibodi, cek apakah slot kartu SIM atau microSD pada kondisi normal, tidak bengkok atau mempunyai noda bekas air.

4.
4. Keempat, hidupkan smartphone
Sebelum menghidupkan, pastikan Anda memasang kartu SIM dan microSD. Dan saat menghidupkan amati apakah proses booting berjalan normal, tidak terlalu lama.

Apabila kartu SIM dan microSD terbaca dengan sempurna, gunakan smartphone untuk mengirim SMS, telepon, dan internet. Tidak lupa coba colokan headphone dan port charger dengan powerbank yang Anda bawa. Pastikan semua berfungsi normal.

5.
Kelima, buka semua aplikasi
Jangan ragu untuk mengaktifkan semua aplikasi yang ada di smartphone, dan rasakan apakah performanya sudah seperti yang Anda harapkan. Apabila terdapat banyak lag dan terlihat performa layar yang buruk (tak responsif), ada peluang bila kualitasnya buruk.

Teliti pula info smartphone dengan seksama dengan menekan tombol *#*#4636#*#* pada aplikasi telepon. Hal ini bisa membuka informasi ke smartphone, baterai, sensor, dan lain-lain. Denagn begitu Anda bisa tahu bila smartphone bekas barang original atau bukan.
Selamat mencoba! jangan lupa dishare ketemen-temen mu yah !! :)
Sumber : www.merdeka.com

0 Response to "5 Tips maksimalkan cek smartphone bekas agar tak salah beli"

Post a Comment